Rumus Excel Lengkap

iklan
Rumus Excel Lengkap

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data unggulan dari Microsoft Office yang paling populer dan juga banyak digunakan oleh para pengguna Windows, MAC OS X, dan IOS.

Mereka lebih suka menggunakan Ms Excel ketimbang aplikasi pengolah kata lain, karena Excel sendiri memiliki banyak sekali rumus dan fungsi yang sangat berguna untuk melakukan pengolahan data.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagi fungsi dan rumus dalam Microsoft Excel yang biasa digunakan dalam pengolahan data.

Rumus Statistika Microsoft Excel

Rumus statistika adalah sebuah rumus yang paling dasar dalam Excel karena untuk menjalankannya kalian hanya perlu memasukkan rumus matematika seperti biasa.

Dalam rumus statistika sendiri terdiri dari penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan bahka ada juga rumus untuk menghitung persentase.

1. Rumus Penjumlahan Excel

Dalam Microsoft Excel penjumlahan merupakan salah satu rumus paling dasar karena untuk menerapkannya, kalian hanya perlu menggunakan operator plus (+).

Misalnya, kalian ingin menjumlahkan angka 10, 20, 30, 40, dan 50, maka untuk penulisan rumusnya adalah =10+20+30+40+50 dan kemudian klik Enter untuk mengetahui hasilnya.

Sedangkan jika kalian ingin menjumlahkan angka-angka yang berada di dalam cell atau range data kalian hanya perlu memasukkan nama cell saja.

Misalnya, kalian ingin menghitung jumlah nilai dari angka yang berada di dalam range data A2:A6 maka kalian dapat menuliskannya rumusnya seperti contoh berikut ini.

Rumus Penjumlahan Excel

Berdasarkan contoh di atas, rumus yang dituliskan adalah =A2+A3+A4+A5+A6 dan kemudian klik Enter untuk mengetahui hasilnya.

Rumus Penjumlahan Excel2

Dan jika kalian ingin mengisi sel yang dibawahnya dengan formula yang sama, maka kalian hanya perlu menyeret fotmulanya ke bawah.

Sebelumnya kita juga pernah membahas tuntas rumus penjumlahan, silahkan klik dibawah untuk mempelajarinya.

2. Rumus Pengurangan Excel

Sama dengan penjumlahan, penerapan pengurangan dalam Excel juga sama saja dengan melakukan pengurangan pada umumnya.

Kalian hanya perlu menggunakan operator minus (-) untuk melakukan data dan meletakkan tanda sama dengan (=) agar rumus dapat berfungsi.

Misalnya kalian ingin melakukan pengurangan terhadap angka 100 dengan 20, maka penulisan rumusnya adalah =100-20 dan kemudian klik Enter.

Sedangkan untuk melakukan penghitungan anatar sel, maka kalian dapat mengamati dan memahami contoh berikut ini.

Rumus Pengurangan Excel

Berdasarkan contoh data di atas, kalian diperintahkan untuk menghitung sisa stok Buku yang tersedia, maka rumus yang dituliskan adalah =A2-B2 dan kemudian klik Enter maka akan mucul hasil dari perhitungannya.

Rumus Pengurangan Excel2

Untuk lebih lengkapnya kalian juga bisa mempelajari berbagai rumus pengurangan sampai tuntas berikut ini.

3. Rumus Perkalian Excel

Untuk melakukan perkalian di Excel maka rumus yang kalian gunakan sama saja dengan rumus-rumus sebelumnya, yang membedakan adalah simbol yang digunakan.

Pada perkalian Excel, simbol yang digunakan melakukan perhitungan adalah operator asterik atau tanda bintang (*).

Misalnya, jika kalian ingin menghitung atau mengetahui hasil dari 2 dikali 3, maka penulisan rumusnya adalah =2*3.

Sedangkan jika kalian ingin menghitung perkalian pada angka-angka yang berada di dalam cell, maka kalian dapat memasukkan nama cell yang berisi angka tersebut ke dalam rumus.

Misalnya, kalian ingin mengetahui hasil perkalian antara angka yang berada di cell B2 dengan C2, maka penulisan rumusnya adalah sebagai berikut :

Rumus Perkalian Excel

Penulisan rumus berdasarkan contoh di atas adalah =B2*C2, setelah itu tekan Enter untuk mengeluarkan hasilnya.

Rumus Perkalian Excel2

4. Rumus Pembagian Excel

Pembagian dalam Microsoft Excel juga dapat dilakukan dengan sangat mudah karena cara yang digunakan sama dengan sebelumnya hanya saja menggunakan operator slash atau garis miring (/).

Misalnya jika kalian ingin membagi angka 4 dengan 2 maka penulisan rumusnya adalah =4/2.

Lalu jika kalian ingin melakukan pembagian angka yang terdapat didalam cell maka kalian hanya perlu mengganti penulisan angka dengan nama cell di dalam rumus.

Misalnya, kalian ingin mengisi cell D2 dengan cara membagi data angka yang berada di dalam cell C2 dengan data di cell B2, sebagai berikut :

Rumus Pembagian Excel

Penulisan rumus berdasarkan kondisi di atas adalah =C2/B2 dan kemudian tekan tombol Enter.

Rumus Pembagian Excel2

5. Rumus Persentase Excel

Dalam Microsoft Excel, kalian juga dapat melakukan pengolahan data dan menyajikannya dalam bentuk persentase.

Di dalam kehidupan, fungsi ini juga seing diunakan dibeberapa bidang seperti untuk menghitung bunga bank, persenan diskon, dan lain-lain.

Untuk menghitung persentase, paling tidak kalian sudah memiliki 2 variabel yakni nilai yang akan dihitung persentasenya dan nilai pembandingnya.

Misalnya, di dalam sebuah sekolahan memiliki 200 siswa yang terdiri dari 60 siswa laki-laki dan 140 siswa perempuan. Berapa persentase siwa laki-laki dan perempuan di dalam sekolah tersebut?

Untuk persentase siswa perempuan, maka penulisan rumusnya adalah =(140/200)*100% dan kemudia tekan Enter, maka hasil yang keluar adalah 70%.

Sedangkan jika angka-angka tersebut terdapat di dalam cell, maka kalian dapat mengamati dan memahami contohnya sebagai berikut :

Rumus Persentase Excel

Berdasarkan contoh di atas dan kalian ingin mencari persentase siwa laki-laki di sekolah tersebut maka penulisan rumusnya adalah =(B8/B10)*100% dan klik Enter untuk mendapatkan hasilnya yakni 30%.

Rumus Persentase Excel2

Fungsi Statistika Microsoft Excel

Selain menggunakan rumus dasar, pada beberapa perhitungan kalian juga dapat menggunakan fungsi Microsft Excel.

Selain mudah digunakan, fungsi dalam Excel juga sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin melakukan pengolahan data dalam jumlah yang banyak.

Hal tersebut karena jika kalian menggunakan rumus dasar Excel seperti di atas, kalian harus menginputkan datanya satu persatu ke dalam rumus sehingga menjadi kurang efisien.

Jika kalian menggunakan fungsi Excel, maka kalian dapat memasukkan banyak data ke dalam rumus tanpa memasukkannya satu persatu. Dengan demikian pengerjaan menjadi lebih efisien.

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang paling sering digunakan di dalam Microsoft Excel :

1. Fungsi SUM Excel

SUM adalah salah satu rumus yang dapat kalian gunakan di dalam Ms Excel untuk melakukan sebuah penjumlahan terhadap data yang ada.

Fungsi Ms Excel yang satu ini sangat bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin melakukan perhitungan dalam jumlah data yang banyak.

Hal tersebut karena kalian tidak hanya dapat melakukan perhitungan antar cell saja, akan tetapi kalian juga dapat menjumlahkan data dalam satu range atau bahkan lebih.

Hal tersebut tentu akan sangat mempersingkat waktu kalian dan juga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam perhitungan.

Hal yang perlu kalian lakukan jika ingin menggunakan rumus ini adalah membuat sebuah tabel untuk memasukkan hasil dari penjumlahan yang akan kalian buat dan kemudian langsung memasukkan rumusnya.

rumus SUM

Rumus dari fungsi SUM adalah =SUM(number1;number2;number3;…) dan jika sudah memasukkan semua angka yang ingin kalian jumlahkan maka kalian dapat langsung menekan tombol Enter.

rumus SUM2

2. Fungsi AVERAGE Excel

Fungsi selanjutnya yang dapat kalian coba di Ms Excel adalah AVERAGE. AVERAGE adalah fungsi dalam Ms Excel yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu variabel.

Salah satu kondisi dimana kalian dapat menggunakan fungsi yang satu ini adalah pada saat kalian ingin menghitung rata-rata nilai siswa atau rata-rata dari nilai rapot.

Dengan kalian menggunakan rumus ini maka waktu kalian tidak akan terbuang banyak untuk melakukan perhitungan tersebut.

Penggunaan rumus yang satu ini sama dengan rumus SUM, yang membedakan hanyalah pada rumusnya saja.

rumus AVERAGE

Rumus dari Fungsi AVERAGE adalah =AVERAGE(number1;number2;number3;…), dan kemudian klik Enter jika sudah selesai memasukkan angka-angka yang ingin kalian cari rata-ratanya.

rumus AVERAGE2

3. Fungsi MAX Excel

Seperti namanya, fungsi MAX adalah sebuah fungsi di dalam Ms Excel yang digunakan untuk mencari sebuah nilai terbesar dari sebuah data yang telah di sediakan atau dari beberapa data yang sudah kalian tentukan.

Fungsi ini mungkin memang kurang efektif jika kalian hanya memiliki data yang sedikit, akan tetapi sangat bermanfaat jika kalian dihadapkan dengan banyak data dan angka dan kemudian kalian diharuskan untuk mencari angka terbesarnya.

Untuk menggunakannya, kalian hanya perlu menuliskan rumus dari fungsi yang satu ini dan kemudian memblok seluruh cell yang ingin kalian cari nilai maksimalnya.

rumus MAX

Rumus fungsi Max Adalah =MAX(number1:number2), dan sama saja dengan fungsi yang lainnya yakni menekan tombol Enter setelah selesai memasukkan angkanya.

rumus MAX2

4. Fungsi MIN Excel

Fungsi MIN adalah kebalikan dari fungsi MAX, jika fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai terbesar maka fungsi MIN berfungsi untuk mencari nilai terendah dari seluruh data yang sudah ditentukan.

Sama seperti fungsi Max, kalian hanya perlu memasukkan rumus dari fungsi MIN dan kemudian memblok seluruh cell yang ingin kalian cari nilai terendahnya.

rumus MIN

Rumus dari fungsi MIN adalah =MIN(number1:number2) dan kemudian tekan tombol Enter pada keyboard kalian setelah kalian sudah menentukan cell mana saja yang ingin kalian cari nilai terendahnya.

rumus MIN2

5. Fungsi MOD Excel

Fungsi MOD adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung hasil sisa pemabagian, karena tidak semua angka dapat habis dibagi oleh angka pembagi.

Misalnya, jika kalian menghitung angka 10 dengan angka 3, maka menghasilkan nilai 3 dengan sisa dari pembagian tersebut adalah 1.

Dan untuk rumus yang dapat dituliskan dalam Excel berdasarkan contoh diatas adalah =MOD(10; 3), kemudian klik Enter untuk mendapatkan hasilnya.

Sedangkan untuk mengetahui sisa hasil bagi dari angka yang berada di dalam cell, maka kalian hanya perlu memasukkan nama cell nya saja seperti berikut ini :

Fungsi MOD Excel

Berdasarkan contoh di atas, rumus yang dituliskan pada saat ingin mengetahui hasil sisa pembagian antar sel adalah =MOD(B2; C2), dan kemudian klik Enter.

Fungsi MOD Excel2

Berdasarkan hasil yang muncul, ada yang menghasilkan sisa bagi, angka nol (0), dan #DIV/0!.

Penyebab munculnya angka nol (0) adalah karena angka yang dibagi dengan pembagi habis.

Sedangakn munculnya #DIV/0! adalah karena angka di bagi dengan angka (0) atau sebaliknya.

Fungsi Tanggal dan Waktu Excel

Selain dapat melakukan penghitungan aritmatika saja, akan tetapi dengan menggunakan Microsoft Excel kalian dapat juga melakukan pengolahan data dalam bentuk tanggal dan waktu.

Ada beberapa fungsi tanggal dan waktu dalam Excel yang tentunya akan kalian butuhkan sewaktu-waktu ketika melakukan pengolahan data di Microsoft Excel.

Berikut ini adalah beberapa fungsi penanggalan dan waktu yang ada di dalam Microsoft Excel :

1. Fungsi DATE Excel

Fungsi DATE adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang berguna untuk menghasilkan nomer seri tanggal berdasarkan inforamsi tanggal, bulan, dan tahun.

Jika kalian sudah memiliki data mengenai tanggal yang akan dimasukkan dengan fungsi ini maka kalian dapat langsung menginputkannya langsung dengan penulisan tumusnya adalah =DATE(Tahun; Bulan; Tanggal).

Agar fungsi DATE dapat berjalan, maka kalian harus mengisi ketiga argumen tersebut sesuai dengan data yang ada.

Fungsi DATE Excel

Keterangan :

  1. Merupakan penulisan rumus fungsi tanpa menggunakan referensi cell, sehingga tanggal, bulan, dan tahun di inputkan berdasarkan angka.
  2. Sama dengan No.1, hanya saja nilai yang di inputkan berdasarkan dengan referensi cell E2, F2, dan G2.
  3. Penulisan tanggal yang melebihi batas maksimal tanggal pada bulan tersebut maka secara otomatis akan langsung masung ke bulan selanjutnya dengan tanggal yang sudah di sesuaikan.
  4. Jika tahun yang kalian masukkan ke dalam rumus antara nol (0) sampai dengan 1899, maka Excel secara otomatis akan menambahkannya dengan 1900,
  5. Jika tahun yang dimasukkan ke dalam rumus kurang dari nol (0)atau lebih dari sama dengan 10000 maka yang keluar adalah nilai error #NUM!. Contohnya adalah nomor 5 dan 6.

2. Fungsi DATEDIF Excel

Fungsi DATEDIF adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang berguna untuk menghitung selisih tanggal, baik it dalam satuan hari, bulan, atau tahun.

Dalambeberapa kasus, fungsi ini sangat dibutuhkan, seperti untuk menghitung jumlah hari, bulan, dan juga jumlah tahun.

Jika kalian ingin menggunakan fungsi DATEDIF maka rumus yag perlu kalian tuliskan adalah =DATEDIF(TanggalAwal;TanggalAkhir;KodeSatuan).

Maksud dari KodeSatuan pada rumus tersebut adalah sebuah sebuah fungsi dalam rumus yang digunakan untuk mendapatkan selisih tanggal di Excel.

Berikut ini adalah macam-macam KodeSatuan dalam Excel :

  • Y, berfungsi untuk menghasilkan jumlah tahun yang sudah berlalu diantara dua tanggal.
  • M, berfungsi untuk menghasilkan jumlah bulan yang sudah berlalu diantara dua tanggal.
  • D, berfungsi untuk menghasilkan jumlah total hari diantara dua tanggal.
  • MD, berfungsi untuk menghasilkan selisih hari dari TanggalAwal dan Tanggalkhir, dengan mengabaikan selisih bulan dan tahun dari tanggal.
  • YM, berfungsi untuk menghasilkan selisih bulan dari TanggalAwan dan TanggalAkhir, dengan mengabaikan selisih hari dan tahun dari tanggal.
  • YD, berfungsi untuk mengasilkan selisih hari dari TanggalAwal dan TanggalAhkhir, dengan mengabaikan selisih tahun dari tanggal.

Untuk penerapannya ke dalam Microsoft Excel, maka kalian dapat mengamati contoh penggunaan fungsi DATEDIF berikut ini :

Fungsi DATEDIF Excel

Catatan :

  • Jika pada saat kalian menggunakan fungsi DATEDIF menghasilkan error #NAME?, maka kemungkian terdapat kesalahan dalam penulisan fungsi.
  • Jika nilai argumen TaggalAwal lebih besar daripada TanggalAkhir, maka rumus akan menjadi Detedif sehingga menghasilkan nilai error #NUM!.
  • Dan Sebaiknya kalian tidak menggunakan KodeSatuan “MD”, karena nilai yang dihasilkan adalah negatif, nilai nol (0), atau bahkan hasil yang tidak akurat.

3. Fungsi DAY Excel

Fungsi DAY adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk menghasilkan angka 1-31 sesuai dengan jumlah tanggal dalam bulan.

Untuk menggunakan fungsi DAY, maka rumus yang dapat kamu tuliskan adalah =DAY(Tanggal).

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengamati dan memahami contohnya sebagai berikut :

Fungsi DAY Excel

Penjelasan :

  • Pada nomor 1 dan 2, tanggal yang mucul adalah tanggal hari ini atau sesuai dengan tanggal pada komputer kalian.
  • Pada nomor 3 dan 4, rumus tersebut akan hanya akan menampilkan tanggalnya saja dan menghiraukan bulan dan tahunnya.

4. Fungsi MONTH Excel

Fungsi MONTH adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang hanya menghasilkan angka 1-12 saja sesuai dengan jumlah bulan dalam setahun.

Jika kalian ingin mrnggunakan fungsi MONTH, maka rumus yang kalian tuliskan adalah =MONTH(Tanggal).

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengamati dan memahami contoh berikut ini :

Fungsi MONTH Excel

5. Fungsi YEAR Excel

Fungsi YEAR adalah sebuah fungsi dalam MIcrosoft Excel yang digunakan untuk mengambil nilai tahun dai sebuah format tanggal dalam Excel.

Rumus yang dapat kalian tuliskan pada saat akan menggunakan fungsi YEAR adalah =YEAR(Tanggal).

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengamati dan memahami contoh penggunaan fungsi YEAR dalam Microsoft Excel berikut ini :

Fungsi YEAR Excel

6. Fungsi SECOND Excel

Fungsi SECOND adalah sebuah fungsi dalam Excel yang di dalamnya berisikan angka nol (0) sampai dengan 59, yang menunjukkan detik dari nilai waktu yang ada.

Jika kalian ingin menggunakan fungsi SECOND, maka rumus yang kalian dapat kalian tuliskan adalah =SECOND(Waktu).

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengamati dan memperhatikan contoh penggunaan fungsi SECOND berikut ini :

Fungsi SECOND Excel

7. Fungsi MINUTE Excel

Fungsi MINUTE merupakan sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang digunaka untuk menghasilkan sebuah nilai menit dari sebuah data yang berfotmatkan waktu.

Sama dengan fungsi SECOND, fungsi MINUTE juga merupakan sebuah bilangan bulat yang terdiri dari rantang 0 sampai dengan 59.

Jika kalian ingin menggunakan fungsi MINUTE maka rumus yang pelu kalian tuliskan adalah =MINUTE(Waktu).

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengamati contoh penggunaan fungsi MINUTE di dalam Microsoft Excel berikut ini :

Fungsi MINUTE Excel

8. Fungsi HOUR Excel

Fungsi HOUR adalah sebuah fungsi dalam Excel yang digunakan untuk mendapatkan angka berupa jam dari sebuah nilai waktu yang ada di dalam Excel.

Hasil dari fungsi HOUR adalah angka bilangan bulat yang dimulai dari 0 (12.00 A.M.) samppai dengan 23 (11.00 P.M.).

Jika kalian ingin menggunakan fungsi HOUR, maka rumus yang perlu kalian tuliskan adalah =HOUR(Waktu).

Maksud dari waktu dari rumus tersebut adalah angka desimal yang menunjukkan waktu atau referensi sel yang berisikan angka dengan format waktu dan ingin diambil nilai angka jamnya.

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengamati contoh pengunaan fungsi HOUR pada Excel berikut ini :

Fungsi HOUR Excel

Fungsi Teks Microsoft Excel

Meskipun Microsoft Excel lebih terkenal sebagai pengolah data berupa angka, akan tetapitidak menutup kemungkinan bahwa Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk mengolah data dalam bentuk teks.

Ada beberapa fungsi dalam Microsoft Excel yang memang dikhususkan untuk melakukan pengolahan data dalam bentuk teks.

Berikut ini adalah beberapa fungsi Microsoft Excel yang dapat kalian gunakan untuk melakukan pengolahan data dalam bentuk teks.

1. Fungsi UPPER Excel

Fungsi UPPER adalah sebuah fungsi dalam Mikrosoft Excel yang digunakan untuk merubah semua huruf kecil menjadi huruf besar atau kapital.

Jika kalian ingin menggunakan fungsi UPPER untuk mengubah semua huruf menjadi kapita, maka rumus yang dapat kalian tuliskan adalah =UPPER(Teks).

Maksud Teks dalam sintak fungsi UPPER di atas dapat kalian isi teks atau referensi yang berisikan teks yang ingin kalian ubah setiap teksnya menjadi huruf kapital.

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengamati penggunaan fungsi UPPER di dalam Microsoft Excel berikut :

Fungsi UPPER Excel

2. Fungsi LOWER Excel

Berlawanan dengan fungsi UPPER, fungsi LOWER merupakan sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk merubah semua teks kapital yang dipilih menjadi huruf kecil.

Jika kalian ingin mengecilkan semua tek kapital dengan menggunakan fungsi LOWER, maka rumus yang dapatkalian tuliskan adalah =LOWER(Teks)

Untuk lebih jelasnya,kalian dapat mengamati contoh penggunaan fungsi LOWER pada Microsoft Excel berikut ini :

Fungsi LOWER Excel

3. Fungsi PROPER Excel

Fungsi PROPER adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk merubah setiap huruf awal pada kata menjadi kapital dan huruf lainnyadirubah menjadi kecil.

Untuk menggunakan fungsi PROPER di Microsoft Excel, maka rumus yang perlu kalian tuliskan adalah =PROPER(Teks).

Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan fungsi PROPER, maka kalian dapat mengamati dan memahami penerapan fungsi PROPER di Microsoft Excel berikut ini :

Fungsi PROPER Excel

4. Fungsi LEFT Excel

Fungsi LEFT merupakan sebuah fungsi dalam microsoft Excel yang digunakan untuk mengambi beberapa karater pertama atau dari sebelah kiri sesuai dengan keinginan.

Untuk menjalankan fungsi tersebut, maka rumus yang dapat kalian tuliskan adalah =LEFT(Teks;[JumlahKarakter]).

Maksud dari sintak tersebut adalah sebagai berikut :

  • LEFT : Merupakan sebuah fungsi untuk memberikan perintah kepada Excel.
  • Teks : Merupakan sebuah yang kalian ambil langsung atau berasal dari referensi cell yang ingin kalian ambil sebagian karakternya dari sebelah kiri.
  • JumlahKarakter : Merupakan jumlah karakter yang ingin kalian ambil dari sebelah kiri.

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengamati contoh penggunaan fungsi LEFT di Microsoft Excel :

Fungsi LEFT Excel

Catatan :

  • Setiap JumlahKarakter pada fungsi RIGHT harus lebih besar sama dengan nol (0).
  • Jika JumlahKarakterbernilai nol (0) maka hanya akan menampilkan teks kosong (contoh pada nomor 2) dan jika kurang dari nol (0) maka hasilnya adalah kesalahan #VALUE! (contoh pada nomor 3).
  • Jika JumlahKarakter dikosongkan, maka hanya akan mengambil satu karakter saja dari sebelah kanan (contoh pada nomo 4).
  • Apabila JumlahKarakter yang inputkan lebih besar dari panjang teks, maka fungsi ini akan mengambil semua karakter pada teks tersebut (contoh pada nomor 5).

5. Fungsi RIGHT Excel

Fungsi RIGHT adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter terakhir atau beberapa karakter teks dari sebeah kanan.

Untuk menggunakan fungsi ini, maka rumus yang perlu kalian tuliskan adalah =RIGHT(Teks; [JumlahKarakter]).

Maksud dari sintak di atas sama saja dengan sintak fungsi LEFT, yang membedakannya hanya karakteryang diambil dihitung dari sebelah kanan.

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengamati dan memahami contoh penerapan fungsi RIGHT di Microsoft Excel :

Fungsi RIGHT Excel

6. Fungsi MID Excel

Fungsi MID adalah sebuah fungsi dalam Excel yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter yang ada di dalam sebuah teks.

Untuk menggunakannya, rumus yang dapat kalian tuliskan adalah =MID(Teks; AwalKarakter; JumlahKarakter).

Maksud dari sintak tersebut adalah sebagai berikut :

  • MID : Merupakan sebuah fungsi yang meberikan perintah pada Excel.
  • Teks : Merupakan teks yang akan diambil beberapa karakternya.
  • AwaKarakter : Merupakan karakter pertama yang akan di ambil dalam teks.
  • JumlahKarakter : Merupakan banyak karakter yang akan diambil dari teks.

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mengamati dan memahami contoh penerapan fungsi MID di Microsoft Excel berikut ini :

Fungsi MID Excel

Catatan :

  • Jika AwalKarakter lebih besar dari pada jumlah teks maka hasil dari fungsi MID adalah teks kosong (contoh pada nomor 3).
  • Jika JumlahKarakter lebih besar dari pada jumlah teks ditambah AwalKarakter, maka fungsi MID akan menghasilkan karakter hingga ujung teks (contoh pada nomor 4).
  • Jika AwalKarakter lebih kecil dari satu atau JumlahKarakter kurang dari 0 maka hasilnya adalah nilai kesalahan #VALUE! (contoh pada nomor 5 dan 6).

7. Fungsi TRIM Excel

Fungsi Trim adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk menghapus spasi ganda atau spasi yang berada di awal dan diakhir kaliamatpada sebuah data.

Jika kalian ingin menggunakan fungsi ini untuk menghapus spasi yang berlebihan, maka rumus yang dapat kalian tuliskan adalah =TRIM(Teks).

Untuk lebih jelanya, kalian dapat mengamati dan memahami cara pengunaan fungsi TRIM pada Microsoft Excel berikut ini :

Fungsi TRIM Excel

Catatan :

Fungsi TRIM tidak bisa kalian isikan dengan referensi range secara langsung, misalnya =TRIM(A2:A4). Sehingga jika kalian menuliskan rumus seperti itu, maka hasil yang keluar adalah nilaierror #VALUE.

Demikianlah ulasan mengenai rumus-rumus dan fungsi-fungsi dasar yang dapat kalian terapkan di Microsoft Excel.

Beberapa rumus dan fungsi di atas adalah rumus dan fungsi dasar yang paling sering digunakan dan dibutuhkan oleh para pengguna Microsoft Excel.

Masih ada banyak sekali rumus-rumus dan juga fungsi-fungsi yang ada dalam Microsoft Excel yang dapat memudahkan kalian dalam melakukan pengolahan data.

Maka dari itu, kami akan selalu berusaha untuk selalu mengupdate rumus-rumus dan fungsi-fungsi Excel lainnya dalam blog ini untuk membantu kalian agar dapat menguasai Microsoft Excel secara maksimal. Semoga ermanfaat.

iklan
iklan