Cara Mengatasi Komputer Lemot

iklan
Cara Mengatasi Komputer Lemot

Perangkat elektronik seperti laptop, komputer dan handphone memang sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar kalangan.

Komputer dan laptop terutama lebih dibutuhkan, melihat kepraktisan penggunaan dan fungsinya secara lengkap.

Untuk anak kuliahan dan pelajar sehingga kaum pekerja, komputer dan laptop adalah sarana untuk mengerjakan segala tugas-tugas.

Salah satu kendala yang paling sering dikeluhkan oleh pengguna komputer dan laptop adalah penurunan kapasitas performa perangkatnya.

Komputer akan menjadi lemot dan berat apabila terlalu banyak menampung data dan terlalu sering digunakan secara terus-menerus tanpa istirahat.

Hal lain yang mempengaruhi adalah faktor umur yang suka dapat penyebab komputer lemot.

Biasanya, cara menangani komputer lemot bisa dengan cara menyesuaikan software yang diinstal dengan spesifikasi hardware yang terpasang.

Kamu cuka bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai, memasang antivirus, memperhatikan kebersihan perangkat hardware dan lainnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan WA Web di PC Laptop

Cara Mengatasi PC Laptop Lemot

Pada artikel kali ini kita akan membahas lemot, ampuh dan mudah langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Bersihkan Komputer dari Virus atau Malware

Perlu saya ingatkan hal ini merupakan suatu yang penting, yaitu mengecek apakah komputer kamu terlalu reaksi virus atau tidak.

Sebab kinerja komputer menjadi lemot Biasanya karena komputer Kamu mengandung virus atau malware.

Serangan dari virus ini yang tidak disadari dapat memperlihatkan perangkat komputer yang kamu gunakan. Jenis dari virus juga sangat beragam.

Cara mengatasi komputer lemot akibat virus atau malware yang paling ampuh dan mudah dengan menginstal program anti-virus pada perangkat yang kamu miliki.

Sebagai referensi, kamu bisa menggunakan antivirus dengan reputasi yang cukup bagus seperti Kaspersky, Avast, ESET NOD dan lainnya.

2. Jangan Membuka Terlalu Banyak Startup Program

Terlalu banyak startup program pada komputer Kamu juga merupakan salah satu penyebab komputer menjadi lemot.

Banyaknya aplikasi yang berjalan ketika start up membuat RAM bekerja terlalu keras dalam mengalokasikan seluruh ruang yang dimilikinya pada aplikasi yang berjalan saat startup. Hal ini menyebabkan RAM sangat terbebani.

Cara mengatasi komputer lemot akibat hal ini adalah dengan mematikan beberapa startup program yang berjalan secara default pada komputer.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Komputer

3. Periksa Kondisi Harddisk Komputer

Tidak jarang, komputer menjadi lemot karena overhead atau terlalu panas. Namun bisa juga karena ada masalah pada harddisk.

Masalah hardisk kerap ditemui adalah karena harddisk low space, terfragmentasi, sudah terlalu lama hingga rpm-nya menurun, atau bisa juga hardisk mengalami error atau bad sector.

Banyaknya temporary files pada harddisk juga berpengaruh pada melambatnya kinerja komputer.

Cara mengatasi komputer lemot akibat masalah ini adalah, jika hardisk yang kamu miliki sudah lama. Maka ada baiknya kamu menggantinya dengan yang baru. Perangkat elektronik juga memiliki batasan usia dan umur pakai.

4. Unistall Program yang Tidak Perlu

Komputer milik pribadi biasanya terisi oleh bermacam-macam program, bahkan program yang tidak diperlukan dan tidak pernah digunakan sama sekali.

Masalahnya adalah beberapa program ini bisa berjalan di background proses makan resource komputer yang tersedia,

Tidak hanya membuat hardisk kamu penuh, program-program yang tidak terpakai dan berjalan di background tersebut membuat komputer menjadi lemot.

Cara mengatasi komputer lemot karena hal ini kamu harus menghapus atau uninstall program-program yang memang tidak dipakai dan tidak dibutuhkan.

Hal ini akan mengurangi beban kerja CPU komputer dan meningkatkan performanya.

Baca Juga: Cara Mengoperasikan Komputer Untuk Pemula

5. Non-Aktifkan Visual Effect Pada Komputer

Pada Windows, visual effect berfungsi untuk mempercantik tampilan komputer saat sedang dijalankan agar lebih nyaman dilihat.

Terdapat cukup banyak visual effect pada Windows 10, yang sebenarnya justru memakan cukup banyak performa CPU komputer kamu.

Cara mengatasi komputer lemot karena hal ini adalah dengan mengurangi beberapa penggunaan visual effect tersebut.

Caramya kamu bisa masuk ke Control Panel, klik System & Security, pilih System, pilih Advanced System Setting, kemudian pilih tab Performance.

Jika sudah masuk, kamu tinggal memilih opsi yang mengatur visual effect tersebut, lalu restart komputer kamu.

Itulah lima cara mengatasi komputer lemot download lambat, ampuh dan mudah. Silahkan sobat praktekan sendiri di rumah ya, semoga artikel ini dapat membantu anda.

iklan
iklan

One Comment

  1. Cahyo

    Kalau laptop hang gimana ya mas