Bagian-Bagian Microsoft Word

iklan
Bagian-Bagian Microsoft Word

Pengertian tampilan Microsoft Word tampilan Microsoft Word ialah setiap tampilan pada Word yang digunakan pengguna mengakses semua fitur untuk membuat dokumen.

Untuk mempelajari Microsoft Word dengan mudah, perlu dipahami mengenai fungsi setiap tampilannya. Di bidang desain software, tampilan ini disebut dengan user interface atau antarmuka Microsoft Word.

Sebagai pengembang software terpopuler, Microsoft ini selalu mengedepankan user friendly untuk desain pada softwarenya.

Hal ini tentu memiliki tujuan yaitu untuk mempermudah pengguna software (brainware) mengoperasikan dan mempelajari Word.

Baca Juga: Cara install Microsoft Office 2016 Gratis di Windows

Fungsi Bagian-Bagian Pada Microsoft Word

bagian-bagian dan tampilan microsoft word

Terdapat beberapa tampilan utama yakni: Workspace, Ribbon, Quick Access Toolbar, Title Bar, Tab Management, Scroll Bar, Status Bar, Ruler, Teks Cursor, Page View, dan Account & Share.

Berikut ini merupakan penjelasan 12 bagian tampilan yang sering digunakan pada Microsoft Office Word beserta fungsinya.

1. Workspace (Lembar Kerja)

Merupakan bagian yang menampilkan tulisan yang dibuat dan akan di-print. workspace atau yang sering dikenal dengan sebutan lembar kerja.

2. Ribbon

Merupakan bagian yang membuat menu menu utama Microsoft Word yang berisi tombol-tombol perintah dengan fungsinya. Berikut adalah ilustrasi dari ribbon pada Microsoft Word.

bagian-bagian dan tampilan microsoft word

Ribbon Microsoft Word biasanya memuat 9 menu utama yakni:

  • 2.1 Menu File adalah menu yang berisikan tombol perintah manajemen file.
  • 2.2 Menu Home adalah menu yang berisikan tombol perintah dasar pengeditan dokumen seperti, font, margin, perataan. dll.
  • 2.3 Menu Insert adalah menu yang berisikan tombol perintah untuk menyisipkan data seperti foto, video, dan yang lainnya.
  • 2.4 Menu Design adalah menu yang berisikan tombol perintah untuk melakukan desain lembar kerja, seperti bingkai atau border dan yang lainnya.
  • 2.5 Menu Layout adalah menu yang berisikan tombol perintah untuk mengatur format kertas dan tulisan, seperti ukuran kertas, kolom, dan yang lainnya.
  • 2.6 Menu References adalah menu yang berisikan tombol perintah terkait referensi seperti daftar pustaka, sitasi, footnote, daftar isi, dan yang lainnya.
  • 2.7 Menu Mailings adalah menu yang berisikan tombol perintah yang gunanya untuk melakukan manajemen email dan surat.
  • 2.8 Menu Review adalah menu yang berisikan perintah terkait auditing dan review tulisan, seperti bahasa, spelling, dan yang lainnya.
  • 2.9 Menu View adalah menu yang berisi perintah terkait mengatur tampilan Microsoft Word, seperti menyembunyikan dan menampilkan navigation pane dan yang lainnya.

3. Quick Acces Toolbar

Merupakan bagian yang berfungsi untuk menampilkan perintah yang sering digunakan.

Biasanya pengguna juga dapat mengurangi atau menambah perintah yang ditampilkan pada Quick Access Toolbar tersebut. Gambar di bawah ini merupakan ilustrasi Quick Access Toolbar pada Microsoft Word.

bagian-bagian dan tampilan microsoft word

4. Title Bar

Merupakan bagian yang menampilkan nama dokumen yang sedang terbuka. Seperti yang anda lihat pada gambar diatas.

5. Kontrol Jendela (Window Management)

Merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengatur tampilan jendela Microsoft Word. Terdapat 4 tombol yakni: Ribbon Display Options, Minimize, Restore-Down Maximize, dan Close.

bagian-bagian dan tampilan microsoft word
  • 5.1 Ribbon Display Options yaitu perintah pada kontrol jendela yang berfungsi untuk menampilkan, menyembunyikan ribbon.
  • 5.2 Minimize yaitu perintah pada kontrol jendela yang berfungsi untuk mengalihkan Microsoft Word ke mode latar belakang pada taskbar.
  • 5.3 Restore-Down Maximize ini berfungsi untuk membuat tampilan menjadi penuh dan mengecilkan tampilan. Perintah tersebut memiliki 2 fungsi yang berubah-ubah sesuai keadaan tampilan Microsoft Word.
  • 5.4 Close merupakan perintah yang berfungsi untuk menutup aplikasi Microsoft Word.

Baca Juga: Cara Freeze Kolom Excel

6. Tab Management

Merupakan bagian dari tampilan Microsoft Word untuk management tabulasi tulisan.

7. Scroll Bar

Merupakan bagian dari tampilan Microsoft Word Untuk menggeser halaman. Terdapat 2 jenis Scroll Bar yakni:

  • 7.1 Horizontal Scroll Bar ini berfungsi Untuk menggeser dokumen ke kanan maupun kiri.
  • 7.2 Vertical Scroll Bar berfungsi untuk ke atas maupun ke bawah.

8. Ruler

Merupakan bagian dari tampilan Microsoft Word yang berfungsi untuk menampilkan garis bantu dan dapat digunakan untuk mengatur indentasi paragraf atau margin penulisan.

Ada 2 ruler, yaitu Horizontal Ruler dan Vertikal Ruler.

  • 8.1 Horizontal Ruler merupakan garis bantu dengan posisi yang mendatar.
  • 8.2 Vertical Ruler merupakan garis bantu dengan posisi yang tegak.

9. Status Bar

Merupakan bagian dari tampilan Microsoft Word yang berfungsi untuk menampilkan keterangan terkait proses yang sedang terjadi di Lembar kerja.

10. Page View

Merupakan fitur kontrol untuk mengubah tampilan lembar kerja dan memperkecil atau memperbesar tampilan lembar kerja tersebut.

Baca Juga: Cara Menghapus Halaman di Word

11. Account & Share

Merupakan fitur terbaru dari Microsoft terkait lisensi software, sharing, dan untuk mempermudah manajemen akun pengguna.

12. Text Cursor (Caret)

Merupakan posisi kursor untuk menulis teks pada lembar kerja Microsoft Word dan pada umumnya disebut dengan caret.

Itulah Pengertian Microsoft Word dan Fungsinya. Semoga bisa menambah wawasan anda.

Sumber : mastekno.com

iklan
iklan