iklan

Daftar Rumus Microsoft Excel [Lengkap]

iklan

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data unggulan dari Microsoft Office yang paling populer dan juga banyak digunakan oleh para pengguna Windows, MAC OS X, dan IOS.

Mereka lebih suka menggunakan Ms Excel ketimbang aplikasi pengolah kata lain karena Ms Excel sendiri memiliki fitur-fitur yang sangat berguna untuk melakukan pengolahan data seperti pembuatan grafik, membuat tabel, dan masih banyak lagi.

Rumus-Rumus Microsoft Excel

Selain itu, salah satu fitur yang paling sering digunakan di dalam Ms Word adalah fitur kalkulasi. Fitur ini sangat membatu kamu untuk melakukan perhitungan secara matematis di dalam Ms Excel seperti melakukan pertambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan lain-lain.

Tapi, apakah kamu tahu apa saja rumus dalam Microsoft Excel yang dapat kamu gunakan dan bagaimana cara menerapkannya? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan ulasan mengenai rumus-rumus dalam Microsoft Excel dan bagaimana cara menerapkannya.

Penasaran apa saja rumusnya? Jadi langsung simak saja ulasan mengenai rumus-rumus Ms Excel di bawah ini :

1. SUM

SUM adalah salah satu rumus yang dapat kamu gunakan di dalam Ms Excel untuk melakukan sebuah penjumlahan terhadap data yang ada. Fungsi Ms Excel yang satu ini sangat bermanfaat terutama bagi kamu yang ingin melakukan perhitungan dalam jumlah data yang banyak.

Hal tersebut karena kamu tidak hanya dapat melakukan perhitungan antar cell saja, akan tetapi kamu juga dapat menjumlahkan data dalam satu range atau bahkan lebih. Hal tersebut tentu akan sangat mempersingkat waktu kamu dan juga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam perhitungan.

Cara menggunakannya : Hal yang perlu kamu lakukan jika ingin menggunakan rumus ini adalah membuat sebuah tabel untuk memasukkan hasil dari penjumlahan yang akan kamu buat dan kemudian langsung memasukkan rumusnya.

SUM

Rumus dari fungsi SUM adalah =SUM(number1;number2;number3;…) dan jika sudah memasukkan semua angka yang ingin kamu jumlahkan maka kamu dapat langsung menekan tombol Enter.

SUM2

2. AVERAGE

Fungsi selanjutnya yang dapat kamu coba di Ms Excel adalah AVERAGE. AVERAGE adalah fungsi dalam Ms Excel yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu variabel.

Salah satu kondisi dimana kamu dapat menggunakan fungsi yang satu ini adalah pada saat kamu ingin menghitung rata-rata nilai siswa atau rata-rata dari nilai rapot. Dengan kamu menggunakan rumus ini maka waktu kamu tidak akan terbuang banyak untuk melakukan perhitungan tersebut.

Cara menggunakannya : Penggunaan rumus yang satu ini sama dengan rumus SUM, yang membedakan hanyalah pada rumusnya saja.

AVERAGE

Rumus dari Fungsi AVERAGE adalah =AVERAGE(number1;number2;number3;…), dan kemudian klik Enter jika sudah selesai memasukkan angka-angka yang ingin kamu cari rata-ratanya.

AVERAGE2

3. MAX

Seperti namanya, fungsi MAX adalah sebuah fungsi di dalam Ms Excel yang digunakan untuk mencari sebuah nilai terbesar dari sebuah data yang telah di sediakan atau dari beberapa data yang sudah kamu tentukan.

Fungsi ini mungkin memang kurang efektif jika kamu hanya memiliki data yang sedikit, akan tetapi sangat bermanfaat jika kamu dihadapkan dengan banyak data dan angka dan kemudian kamu diharuskan untuk mencari angka terbesarnya.

Cara menggunakannya : Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menuliskan rumus dari fungsi yang satu ini dan kemudian memblok seluruh cell yang ingin kamu cari nilai maksimalnya.

MAX

Rumus fungsi Max Adalah =MAX(number1:number2), dan sama saja dengan fungsi yang lainnya yakni menekan tombol Enter setelah selesai memasukkan angkanya.

MAX2

4. MIN

Fungsi MIN adalah kebalikan dari fungsi MAX, jika fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai terbesar maka fungsi MIN berfungsi untuk mencari nilai terendah dari seluruh data yang sudah ditentukan.

Cara menggunakannya : Sama seperti fungsi Max, kamu hanya perlu memasukkan rumus dari fungsi MIN dan kemudian memblok seluruh cell yang ingin kamu cari nilai terendahnya.

MIN

Rumus dari fungsi MIN adalah =MIN(number1:number2) dan kemudian tekan tombol Enter pada keyboard kamu setelah kamu sudah menentukan cell mana saja yang ingin kamu cari nilai terendahnya.

MIN2

5. Logika IF

Fungsi logika IF adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk memasukkan sebuah data dengan menggunakan sebuah kondisi. Contohnya seperti gambar di bawah ini, apabila siswa dengan jumlah nilai kurang dari 250 maka dia Tidak Lulus, sedangkan siswa yang jumlah nilainya 250 keatas maka dia lulus.

Untuk membuat sebuah kondisi tersebut maka kamu dapat menggunakan fungsi kondisi IF yang sudah di sediakan di dalam Ms Excel. Caranya tidaklah terlalu sulit akan tetapi kamu hanya memerlukan pemahaman lebih saja.

Cara menggunakannya : Untuk menggunakan fungsi ini, kamu hanya perlu memasukkan rumus dan juga kondisi ke dalam rumus yang sudah kamu tuliskan. Kamu harus teliti dalam memasukkan kondisi agar nantinya fungsi tersebut dapat menghasilkan sebuah kondisi seperti yang kamu inginkan.

Logika IF

Rumus dari fungsi logika IF adalah =IF(logical_test;”value_if_true”;”value_if_false”), setelah itu kamu dapat langsung klik Enter jika sudah memasukkan kondisinya.

Logika IF2

*Jika kamu kurang paham, maka kamu dapat mencermati gambar kondisi IF di atas.

Baca Juga: Cara Memindahkan Excel Ke Word

Nah, itulah beberapa rumus-rumus dari Ms Excel yang dapat kamu coba dan terapkan untuk memudahkan kamu dalam menyelesaikan tugas-tugas kamu di dalam Ms Excel.

Mungkin rumus atau fungsi diatas baru sebagian kecil dari keseluruhan rumus dan fungsi yang ada didalam Ms Excel, akan tetapi rumus diatas adalah rumus-rumus yang paling sering digunakan didalam Ms Excel.

Demikianlah ulasan mengenai rumus-rumus di dalam Ms Excel. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan berguna untuk menyelesaikan tugas-tugas kamu. Terima kasih.

iklan
iklan
iklan