Cara Menghitung Persen di Excel

iklan
Cara Menghitung Persen di Excel

Cara menghitung persen atau persentase di excel sangatlah sederhana. Excel Memang dirancang untuk memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan penghitungan atau angka.

Sistem operasi bilangan dapat digunakan dalam program ini tentunya dengan menggunakan rumus yang tepat.

Sebagai contoh adalah menghitung persen untuk menemukan pecahan dari seratus.

Berikut merupakan cara-cara menghitung persentasi yang dapat kalian terapkan di Microsoft Excel 2010, 2016, dan 2019.

Cara Menampilkan Format Persen(%) Di Excel

Sebelum membahas mengenai cara menghitung persentase di Excel, kalian harus tahu terlebih dahulu konsep penulisan persen atau salahsatu rumus excel ini.

Karena Microsoft Excel menyediakan sebauh fitur yang dapat digunakan untuk merubah sebuah nilai angka yang ada dalam sel ke dalam berbagai macam format angka, salah satunya adalah persentase.

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengubah format nilai angka ke dalam persentase, seperti :

  • Mengetikkan atau menambahkan lambang satuan persen (%) dibelakang angka.
  • Merubah format sel ke dalam bentuk persen (%) dengan cara tekan Tab Home -> Number -> Percent (%). Atau kalian juga dapat menggunakan shortcut Ctrl + shift + %.
Cara Menampilkan Format Persen
  • Merubah format sel ke dalam bentuk persen (%) dengan menekan Tab Home -> Cells -> Format -> Format Cells -> Number -> Percentage.
Cara Menampilkan Format Persen2

Kalian dapat memilih salah satu dari beberapa cara di atas untuk merubah format sel agar menjadi persen sesuai dengan keinginan kalian.

Pemformatan sel ke dalam bentuk persen bertujuan agar angka yang diketikkan ke dalam sel tersebut akan langsung berubah ke dalam bentuk persentase.

Dan jika kalian memasukkan angka terlebih dahulu ke dalam sel dan baru merubah format sel ke dalam bentuk persen, maka secara otomatis Excel akan mengalikan angka tersebut dengan 100 dan di ikuti persen dibelakangnya.

Cara Menghitung Persen di Excel

Untuk melakukan perhitungan persentase di Excel, maka hal yang perlu kalian pahami adala konsep menghitung persentase secara umum terlebih dahulu.

Untuk menghitung persentase, maka setidaknya kalian memiliki 2 variabel, yakni nilai yang akan dihitung persentasenya dan nilai pembandingnya.

Persentase = (Nilai/Nilai Pembanding) x 100%

Contohnya adalah jika kalian kalian diberikan soal sebanyak 10 soal, kemudian kalian dapat menjawab 7 soal dengan benar. Maka persentase jawaban kalian benar adalah :

(8/10) *100% = 80%

Dengan demikian maka peresentase yang kalian dapatkan untuk jawaban benar adalah 80%.

Dan secara otomatis, persentase jawaban salah yang kalian dapatkan adalah 20%, yang didapatkan dari rumus :

(2/10) * 100% = 20%

Setelah mengetahui konsep dasar persentase, selanjutnya kalian juga haru mengetahui 2 jenis rumus persentase yakni persentase proporsi dan persentase perubahan.

Dan dalam persentase perubahan terbagi lagi menjadi 2 macam yakni persentase kenaikan dan persentase penurunan.

Cara Menghitung Persentase Proporsi Di Excel

Persentase proporsi adalah persentase yang dihitung dari sebuah variabel yang merupakan bagian dari variabel pembanding dengan nilai variabel pembanding.

Menghitung persentase dengan menggunakan Excel juga dapat dilakukan dengan menggunakan rumus :

% Proporsi = (nilai proporsi/pembanding proporsi) x 100%.

Apabila sudah dimasukkan rumus, maka kamu hanya perlu memasukkan angka sesuai dengan data ke dalam rumus.

Baca Juga: Cara Aktivasi Office 2016

Contohnya seperti:

Ada 6 kelas dengan jumlah angkanya sebagai berikut lengkap dengan angka siswa yang absen pada hari itu. Tugasnya adalah mencari persentasi siswa yang absen.

Maka, pada kamus persentase di atas, rumus di kasus ini adalah =(jumlah absen/jumlah siswa)*100% atau =(C2/B2)100% selanjutnya tekan enter.

Hasilnya akan seperti ini.

Apabila angka di tabel kamu berbeda, coba saja ubah dulu format angkanya pada kolom D ke persentase.

Tandai saja semua sel pada kolom D, lalu klik menu seperti yang terlihat di screenshot ini.

Cara Menghitung Potongan Persen di Excel

Kamu Bisa menghitung persen diskon dengan menggunakan rumus Nilai Persen x Nilai Pecahan.

Cara yang bisa dilakukan ketika menggunakan Excel adalah dengan mengetikan simbol sama dengan ()= di satu cell.

Contohnya seperti :

Terdapat daftar harga barang dengan nominal diskon sekian persen, ada 6 baris data sebagai berikut ini.

Tugasnya adalah menghitung berapa nominal diskon yang diberikan dengan angka diskon yang ada di dalam kolom C.

Seperti rumus, maka masukan =diskon%harga atau =C2%B2 lalu tekan enter.

Hasilnya seperti di bawah ini.

Cara menghitung Persentase Perubahan di Excel

Persentase perubahan adalah sebuah persentase yang digunakan untuk mengenatuhi selisih nilai sebelum dan sesudah terjadinya perubahan dalam bentuk persen.

Untuk menghitung presentase perubahan, kalian harus memiliki 2 variable yakni variabel nilai perubahan dan variabel nilai sebelum terjadi perubahan.

Dengan demikian, maka rumus yang digunakan adalah sebagai berikut :

% Perubahan = (nilai perubahan/nilai sebelum perubahan) x 100%

Contohnya seperti :

Seorang pedagang mencatat setiap pendapatannya dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni.

Tugasnya adalah dari data pendapatan pedagang tersebut, hitunglah perubahan pendapatan dalam bentuk persen di dalam kolom C.

Untuk mengerjakannya, masukkan data ke dalam rumus. %Perubahan = ((Pendapatan Baru-Pendapatan Awal)/Pendapatan Baru) x 100% atau jika diterapkan menjadi =(B3-B2)/B2. Dan terakhir tekan Enter.

Cara Menghitung Persentase Perubahan

Maka hasil dari rumus tersebut adalah seperti berikut:

Cara Menghitung Persentase Perubahan2

Keterangan :

  • Pada bulan Januari dikosongkan karena pada bulan tersebut merupakan awal dari penjualan, sehingga persentase perubahannya adalah (0%) atau tidak terjadi perubahan.
  • Nilai persen positif (+) menunjukkan terjadinya peningkatan pendapatan dari bulan sebelumnya.
  • Nilai persen negatif (-) menunjukkan terjadinya penurunan pendapatan dari bulan sebelumnya.

Cara Menghitung Persentase Kenaikan pada Excel

Perubahan kenaikan bisa ditampilkan dalam bentuk persentase yang menggambarkan besaran penambahan nilai terdahulu dengan nilai yang lebih baru.

Rumusnya adalah sebagai berikut: Nilai kenaikan/ nilai sebelum kenaikan x nilai sebelum kenaikan.

Contohnya seperti :

Data kecelakaan dari tahun 2015 hingga tahun 2020. Tugasnya ialah mencari persentase kenaikan dari tahun ke tahun berdasarkan data yang ada.

Nah, di kolom C3 masukan rumus =(nilai sesudah kenaikan-nilai sebelum kenaikan)/nilai sebelum kenaikan atau =(B3-B2)/B2 lalu tekan enter.

Sudah terlihat berapa persen kenaikan angka kecelakaan dari tahun 2015 hingga 2020.

Pada kolom C2 memang kosong karena itu merupakan nilai awal yang tidak mempunyai angka pembanding dari tahun-tahun sebelumnya.

Cara Menghitung Persentase Penurunan pada Excel

Persentase penurunan adalah persentase yang digunakan untuk melihat seberapa besar penurunan nilai baru dibandingkan nilai awal.

Untuk melakukannya, kalian dapat mengurangi nilai lama dengan nilai baru dan kemudian dibagi dengan nilai lama.

Sehingga didapatkan rumus perhitungan persentase penurunan sebagai berikut :

%Penurunan = (Nilai Penurunan/nilai Sebelum penurunan) x 100%

Contohnya seperti :

Luas lahan kosong dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2020 mengalami penurunan hampir di setiap tahunnya. Berdasarkan data lahan kosong tersebut, tentukan persentase penurunannya.

Berdasarkan permasahalan tersebut, maka penggunaan rumus dalam Excel adalah =(luas awal-luas baru)/luas awal atau =(B3-B2)/B2. Dan kemudian klik Enter.

Cara Menghitung Persentase Penurunan

Dan hasil persentase penurunan luas lahan di setiap tahunnya adalah sebagai berikut :

Cara Menghitung Persentase Penurunan2

Excel sangat membantu dan dapat memudahkan kita dalam memecahkan persoalan dalam perhitungan secara cepat dan tepat.

Memasukan rumus dan data yang sesuai adalah kuncinya. Semoga artikel cara menghitung persen di Excel di atas dapat digunakan untuk membantu anda.

iklan
iklan