Rumus Pengurangan Excel

iklan
Rumus Pengurangan Excel

Ada banyak sekali rumus-rumus yang dapat terapkan dalam Microsoft Excel dalam melakukan pengolahan data, salah satunya adalah rumus pengurangan.

Pengurangan merupakan salah satu rumus excel yang paling dasar dan juga yang salah satu perhitungan yang sering digunakan oleh semua orang dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai salah satu rumus dasar matematika, apakah kalian tahu bagaimana cara menghitung pengurangan di Microsoft Excel?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan ulasan mengani bagaimana cara menghitung pengurangan dalam Microsoft Excel di berbagai kondisi.

Rumus Excel Dengan Angka

Berbeda dengan beberapa rumus matematika seperti penjumlahan dan perkalian yang memiliki fungsi khusus, pada pengurangan tidak dibekali fungsi khusus untuk melakukan operasi pengurangan.

Sehingga jika kalian ingin melakukan pengurangan di dalam Microsoft Excel, kalian hanya dapat menggunakan satu cara yakni dengan menggunakan tanda minus (-).

Misalnya, jika kalian ingin menghitung hasil dari perhitungan 10 dikurangi 5, maka untuk melakukanya kalian dapat menuliskan rumusnya menjadi =10-5. Dan kemudian kalian dapat langsung klik Enter.

Rumus Pengurangan Excel Dengan Angka

Dengan memasukkan perhitungan tersebut, maka hasil yang akan muncul adalah sebagai berikut :

Rumus Pengurangan Excel Dengan Angka2

Rumus Excel Dengan Referensi Sel

Kalian juga dapat melakukan operesi perhitungandengan menggunakan data yang sudah ada di dalam sel dan kemudian menjadikan sel tersebut sebagai referensi.

Untuk melakukannya hampir sama dengan cara sebelumnya akan tetapi di sini kalian tidak memasukkan angka akan tetapi sel dari angka yang ingin kalian lakukan pengurangan.

Misalnya, kalian ingin mengitung hasil kurang dari angka 10 yang terdapat di dalam sel A2 dengan angka 6 yang terdapat di dalam sel B2 dan memasukkan hasilnya di dalam sel C2.

Maka yang perlu kalian lakukan adalah dengan memasukkan rumus seusai dengan referensi sel yang kalian miliki di dalam sel C2.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka kalian dapat menuliskan =A2-B2 di dalam sel C2. Dan kemudian kalian dapat langsung menekan tombol Enter.

Rumus Pengurangan Excel Dengan Referensi Sel

Dengan begitu, maka yang dihasilkan dari perhitungan tersebut di dalam Excel adalah sebagai berikut :

Rumus Pengurangan Excel Dengan Referensi Sel2

Rumus Excel Dengan Referensi Konstanta

Di dalam operasi pengurangn Excel ada sebuah kondisi dimana kalian menghitung pengurangan suatu data dengan sebuah nilai atau referensi yang konstanta.

Untuk melakukan pengurangan konstanta, ada sebuah rumus khusus yang perlu kalian gunakan agar pada saat formula di salin atau diseret ke kolom lain sel dengan nilai tetap tersebut tidak berubah.

Misalnya, jika kalian ingin mengurangi semua angka yang ada pada kolom Nilai dengan angka yang ada pada sel B2.

Pada kondisi tersebut, maka rumus yang dituliskan dalam Excel adalah =A2-$B$2. Dan kemudian tekan Enter untuk menampilkan hasilnya.

Rumus Pengurangan Excel Dengan Referensi Konstanta

Maka hasilnya adalah sebagai berikut, meskipun formula di seret ke bawah setiap angka pada kolom nilai akan tetapi di kurangi dengan angka yang berada di dalam sel B2.

Rumus Pengurangan Excel Dengan Referensi Konstanta2

Hal tersebut karena adanya penambahan tanda $ di dalam sel B2. Fungsi dari simbol $ adalah untuk memerintahkan Excel agar tidak merubah sel G2 sebagai referensinya meskipun formula tersebut di copy atau diseret.

Rumus Excel Pengurangan Antar Sheet

Tidak hanya dapat melakukan operasi pengurangan antar sel saja, akan tetapi kalian juga dapat melakukan operasi pengurangan antar Sheet.

Misalnya, kalian memiliki data di dalam Sheet 1 sebagai berikut :

Rumus Pengurangan Excel Antar Sel

Kemudian kalian juga memiliki data di dalam Sheet 2 sebagai berikut :

Rumus Pengurangan Excel Antar Sel2

Dan Kalian juga memiliki data kosong yang harus di isi dengan cara mengurangi data yang ada di Sheet 1 dengan yang ada di Sheet2.

Rumus Pengurangan Excel Antar Sel3

Nah, kalian ingin menghitung nilai yang dihasilkan jika mengurangi angka yang berada di dalam sel A2 Sheet 1 dengan angka yang berada di dalam sel A2 yang ada di dalam Sheet 2 untuk mengisi data di dalam sel A2 Sheet 3.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka kalian dapat menuliskan rumus =Sheet1!A2-Sheet2!A2 di dalam sel A2 Sheet 3. Dan kemudian tekan Enter.

Rumus Pengurangan Excel Antar Sel4

Maka hasil yang akan muncul adalah sebagai berikut.

Rumus Pengurangan Excel Antar Sel5

Untuk mengisi data yang ada di bawahnya kalian hanya perlu menyeret formulanya saja, maka secara secara otomatis data tersebut akan terisi dengan formula yang sama.

Demikianlah beberapa cara melakukan operasi pengurangan Microsoft Excel di berbagai macam kondisi.

Semoga ulasan di atas dapat memantu kalian dan menambah wawasan kalian dalam menggunakan dan memanfaatkan Microsoft Excel.

iklan
iklan