Rumus Pembagian Excel

iklan
Rumus Pembagian Excel

Pembagian merupakan salah satu perhitungan dasar dalam matematika. Sama seperti penjumlahan, pengurangan, dan perkalian, pembagian juga biasanya sudah diajarkan pada saat masik duduk di bangku sekolah dasar.

Dalam program pengolahan kata seperti Microsoft Excel, pembagian juga sering digunakan dalam beberapa kondisi, baik itu untuk karena tuntutan pekerjaan ataupun tugas.

Tapi apakah kalian sudah tahu bagaimana saja cara untuk melakukan pembagian di dalam Excel? Serta rumus excel dan fungsi excel apa saja yang dapat digunakan untuk melakukan pembagian di dalam Excel?

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai rumus dan fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan pembagian di dalam Excel serta cara pengunaannya.

Cara Melakukan Pembagian Di Excel

Di dalam Microsoft Excel, ada beberapa rumus dan fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan pembagian. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihat dan mengamati beberapa rumus dan cara melakukan pembagian di Excel berikut ini :

Pembagian Menggunakan Simbol Garis Miring (/)

Dalam Excel, apabila kalian ingin melakukan pembagian maka kaliandapat menggunakan simbol garis miring (/). Melakukan pembagian dengan menggunakan simbol garis miring (/) merupakan cara yang paling dasar dan paling mudah untuk dilakukan.

Jika kalian ingin menggunakan simbol garis miring (/) untuk melakukan pembagian, maka kalian dapat mengamati contohnya sebagai berikut.

Misalnya jika kalian ingin menghitung 10 dibagi 5, maka kalian dapat menuliskan rumusnya sebagai berikut :

Rumus Pembagian Dengan Garis Miring

Dan untuk penerapannya ke dalam Microsoft Excel, kalian dapat melihat dan mengamati contoh sebagai berikut :

Lalu, misalnya jika kalian ingin menghitung angka yang berada di dalam sel A2 dibagi B2, maka kalian dapat menuliskan rumusnya sebagai berikut :

=A2/B2

Sedangkan untuk penerapannya ke dalam Microsoft Excel, maka kalian dapat melihat dan memperharikan contohnya sebagai berikut :

Rumus Pembagian Dengan Garis Miring2

Dan jika kalian membagikan bilangan berapun dengan angka nol (0), maka hasil yang kalian peroleh adalah #DIV/0!. Akan tetapi berbeda jika klian membagi angka nol (0) dengan angka berapun, karena hasil yang akan muncul adalah 0.

Pembagian Menggunakan Fungsi QUOTIENT

Selain menggunakan simbol garis miring (/), kalian juga dapat melakukan pembagian dengan menggunakan fungsi QUOTIENT. Fungsi ini akan dapat digunakan untuk melakukan pembagian akan tetapi hasil dari pembagian tersebut adalah bilangan bulat.

Misalnya, kalian ingin menghitung menghitung angka pada sel A2 dan B2 yakni 79 dibagi 9. Angka yang dihasilkan dari pembagian tersebut seharusnya adalah 79/9=8.78, akan tetapi jika kalian menggunakan fungsi ini maka hasilnya akan menjadi 79/9=8.

Akan tetapi jika kaian ingin mencoba menggunakan cara yang stau ini, maka kalian dapat menggunakan fungsi tersebut, maka penulisan rumusnya adalah sebagai berikut :

=QUOTIENT(A2;B2)

Sedangkan apabila diterapkan pada Microsoft Excel, maka akan menjadi sebagai berikut :

Rumus Pembagian Dengan Fungsi QUOTIENT

Fungsi tersebut memang dapat menghasilkan hasil pembagian yang kurang tepat karena hanya dapat mengeluarkan hasil yang dibulatkan. Maka dari itu jika kalian menggunakan fungsi ini, kalian juga sebaiknya menggunakan fungsi MOD sebagai pelengkapnya.

Pembagian Menggunakan Fungsi MOD

MOD merupakan sebuah fungsi dalam dalam Microsoft Excel yang berguna untuk mengetahui sisa pembagian yang dilakukan oleh fungsi QUOTIENT.

Untuk kalian yang ingin mengguakan fungsi ini, maka kalian dapat mengamati dan memahami contoh berikut ini.

Misalnya, pada saat kalian ingin mengetahui hasil MOD dari fungsi QUOTIENT pada contoh sebelumnya, maka kalian dapat menuliskan rumus sebagai berikut :

=MOD(A2;B2)

Sedangkan untuk penerapannya pada Microsoft Excel, kalian dapat mengamati dan memahami contoh seagai berikut :

Rumus Pembagian Dengan Fungsi MOD

Berdasarkan contoh dari Microsoft Excel di atas, setiap hasil pembagian yang memiliki bentuk desimal akan langsung dibulatkan kebawah jika kalian menggunakan fungsi QUOTIENT.

Dan setelah itu, jika pembagian tersebut digunakan dengan menggunakan fungsi MOD, maka secara otomatis sisa hasil pembagian dari hasil yang dibulatkan akan langsung muncul.

Hal tersebut berbeda dengan pembagian yang tidak terdiri dari angka desimal, jika kalian menerapkannya pada ke dalam fungsi MOD maka nilai yang dihasilkan adalah nol (0).

Hal tersebut karena angka pertama habis jika dibagi dengan angka kedua, sehingga tidak ada sisa pada pembagian tersebut.

Rumus Pembagian Dengan Referensi Tetap

Pembagian dengan referensi tetap adalah sebuah kondisi dimana kalian ingin melakukan pembagian masing masing sel dengan satu angka dari satu sel tertentu.

Untuk melakukannya, kalian dapat menambahkan simbol $ di antara nama sel yang dijadikan sebagai referensi tetap. Simbol tersebut berguna agar ketika rumus di tarik ke bawah, setap sel akan di bagi dengan referensi itu saja.

Untuk melakukannya kalian dapat mengamati dan memahami dan kemudian mengikuti cara-cara berikut ini :

Pembagian Referensi Tetap Dengan Simbol Garis Miring (/)

Jika kalian ingin menggunakan melakukan pembagian biasa dengan referensi tetap, maka kalian dapat memahami contoh berikut ini.

Misalnya, kalian ingin melakukan pembagian terhadap semua angka yang teradap pada baris A2 sampai A6 dengan angka yang terdapat pada sel B2. Untuk melakukannya kalian dapat menggunakan rumus sebagai berikut :

=A2/B$2

Sedangkan untuk hasilnya di Microsoft Excel adalah sebagai berikut :

Rumus Pembagian Referensi Tetap Dengan Garis Miring

Dari contoh di atas, terlihat bahwa range data A2:A6 semuanya dibagi dengan B2 yang merupakan referensi tetapnya.

Pembagian Referensi Tetap Dengan Fungsi QUOTIENT

Lalu jika kalian ingin melakukan pembagian dengan satu referensi yang hasilnya dibulatkan atau dengan menggunakan fungsi QUOTIENT maka kalian dapat memahai contoh sebagai berikut.

Sama dengan rumus fungsi QUOTIEN yang sebelumnya, kalian hanya perlu mamasukkan simbol $ saja, dengan demikian rumus yang dapat kalian tuliskan adalah sebagai berikut :

=QUOTIENT(A2;B$2)

Dan jka untuk hasilnya jika diterapkan ke dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut :

Rumus Pembagian Referensi Tetap Dengan Fungsi QUONTIENT

Pembagian Referensi Tetap Dengan Fungsi MOD

Sama dengan fungsi QUOTIENT, fungsi MOD juga dapat digunakan untuk mencari sisa hasil pembagian yang dilakukan dengan menggunakan referensi tetap.

Untuk melakukannya kalian dapat memahami rumusnya sebagai berikut :

=MOD(A2;B$2)

Jika kalian ingin menerapkannya pada Microsoft Excel, maka kalian dapat mengamati dan memahami contoh berikut ini :

Rumus Pembagian Referensi Tetap Dengan Fungsi MOD

Untuk penerapannya sangat mudah bukan, karena kalian hanya perlu copy-paste rumus dari fungsi QUOTIEN dan kemudian mengubah nama fungsinya saja menjadi fungsi MOD.

Rumus Pembagian Excel Antar Sheet

Kalian juga dapat melakukan pembagian antar sel yang letaknya berbeda sheeh lho. Dan tentunya cara untuk melakukannya juga sangat mudah. Berikut ini contohyang dapat kalian jadikan sebagai referensi untuk melakukannya.

Misalnya, tabel data yang berisikan data kalian berada di dalam Sheet 1 :

Rumus Pembagian Antar Sheet

Lalu tabel yang beriskan angka pembagi terdapat di dalam Sheet 2 :

Rumus Pembagian Antar Sheet2

Dan hasil dari pembagian tersebut ingin kalian masukkan ke dalam Sheet 3 :

Rumus Pembagian Antar Sheet3

Untuk melakukan pembagian antar sel, hal yang perlu kalian lakukan adalah dengan memberikan keterangan lokasi Sheet sebelum nama sel dan diantara nama Sheet dan danama sel diberikan pembatas tanda seru (!)

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa cara melakukan pembagian antar sel beserta dengan penerapannya ke dalam Microsoft Excel.

Pembagian Antar Sheet Dengan Simbol Garis Miring(/)

Jika kalian ingin menggunakan simbol garis miring (/) untuk melakukan pembagian antar sheet, maka kalian perlu memperhatikan contohnya berikut ini.

Misalnya, kalian ingin melakukan pembagian angka yang berada di dalam sel A2 dan letaknya berada di Sheet 1 dengan angka yang berada di Sheet 2 dengan posisi sel A2, maka rumus yang dapat kalian gunakan adalah sebagai berikut :

=Sheet1!A2/Sheet2!A2

Dan jika di terapkan di dalam Microsoft Excel maka akan hasil yang dapatkan adalah sebagai berikut :

Rumus Pembagian Antar Sheet Denga Garis Miring

Pembagian Antar Sheet Dengan Fungsi QUOTIENT

Sedangkan untuk melakukan pembagian antar sel dengan fungsi QUOTIENT dalam Microsoft Excel, maka kalian dapat menggunakan contoh berikut sebagai referensi.

Misalnya, kalian ingin melakukan pembagian angka yang berada di dalam sel A2 dan letaknya berada di Sheet 1 dengan angka yang berada di Sheet 2 dengan posisi sel A2 dengan hasil dibulatkan, maka rumus yang dapat kalian gunakan adalah sebagai berikut :

=QUOTIENT(Sheet1!A2;Sheet2!A2)

Dan untuk penerapannya dalam Microsoft Excel adalah seabgai berikut :

Rumus Pembagian Antar Sheet Dengan fungsi QUOTIENT

Pembagian Antar Sheet Dengan Fungsi MOD

Dan yang terakhir adalah cara untuk mengetahui sisa hasil pembagian antar sel dengan menggunakan fungsi MOD. Jika kalian ingin melakukannya, maka kalian dapat menjadikan contoh berikut ini sebagai referensi :

Misalnya, kalian ingin menghitung sisa hasil bagi dari angka yang berada di dalam sel A2 dan letaknya berada di Sheet 1 dengan angka yang berada di Sheet 2 dengan posisi sel A2, maka rumus yang dapat kalian gunakan adalah sebagai berikut :

=MOD(Sheet1!A2;Sheet2!A2)

Sedangkan untuk penerapannya ke Microsoft Excel, kalian dapat melihat hasilnya berikut ini :

Rumus Pembagian Antar Sheet Dengan Fungsi MOD

Nah, jadi itulah beberapa rumus pembagian excel dengan berbagai kondisi, mulai dari pembagian antar sel hingga ke antar Sheet.

Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian dalam penggunaan rumus-rumus dan fungsi-fungsi dalam Microsoft Excel.

iklan
iklan