Cara Membuat Bilangan Pecahan di Word

iklan
Cara Membuat Bilangan Pecahan di Word

Dalam pelajaran matematika, pecahan merupakan salah satu hal yang sering kita temui.

Bahkan tidak hanya di dalam pelajaran matematika saja akan tetapi di dalam ilmu perhitungan lainnya hingga dalam kehidupan sehari-hari pasti kita juga sering menjumpainya.

Jika kamu diberi tugas oleh guru atau siapapun untuk menuliskan pecahan di buku memanglah mudah, tapi bagaimana jika kamu diberikan tugas menuliskan pecahan di dalam Ms Word?

Apakah kamu bisa membuatnya? Karena pada umumnya orang orang menggunakan garis miring untuk menuliskan pecahan yang seharusnya bilangan pecahan dilambangkan dengan per.

Baca Juga: Cara Aktivasi Office 2016

Kebanyakan orang menuliskan pecahan menggunakan garis miring seperti menuliskan 1/2 sebagai satu per dua karena kesulitan untuk menuliskan simbol per yang sebenarnya di Ms Word.

Padahal sebenarnya di Ms Word juga memiliki fitur dimana kita dapat menuliskan per dengan beberapa cara.

Nah, pada kesempatan kali ini Expasitionpark akan membagikan ulasan mengenai bagaimana cara menuliskan simbol per di Ms Word dengan beberapa cara sehingga kamu tidak perlu lagi menuliskan bilangan pecahan dengan garis miring lagi.

Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Bilangan Pecahan Dengan Equation

Membuat per adalah sebuah hal yang sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan dan bahkan ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk membuat bilangan pecahan, salah satunya adalah dengan menggunakan menu Equation.

Membuat bilangan pecahan dengan shortcut merupakan sebuah cara yang paling dasar dalam membuat bilangan pecahan di Ms Word.

Sebagai contoh, disini saya menggunakan Ms Word 2013, jadi bagi kamu yang ingin mencoba dengan versi windows lain hanya akan menjumpai sedikit perbedaan saja

1. Masuk ke Ms Word

Hal pertama yang harus kamu lakukan sudah tentu masuk terlebih dahulu ke program pengolah kata Ms Word yang sudah terpasang di perangkat komputer kamu.

Baca Juga: Kumpulan Shortcut Microsoft Word

2. Klik Equation

Cara Membuat Per Dengan Equation

Langkah yang selanjutnya adalah membuka Equation, jika di Ms Word 2013 fitur tersebut dapat kita jumpai dengan masuk ke tab Insert > Klik Symbol > Klik Equation.

3. Pilih Format per

Cara Membuat Per Dengan Equation2

Setelah klik Equation, maka kamu secara otomatis akan masuk ke dalam tab Design > klik Structures > klik Fraction > pilih Stacked Fraction.

4. Masukkan Angka

Cara Membuat Per Dengan Equation4

Setelah memilih Fraction, maka setelah itu kamu hanya perlu memasukkan angka dengan cara klik pada tempat yang sudah tersedia.

5. Memasukkannya ke Dalam Baris

Cara Membuat Per Dengan Equation5

Pada saat menggunakan Fraction, mungkin pecahan yang kamu buat akan luar dari barisan tulisan yang sudah kamu buat.

Nah, jika kmau ingin memasukkan kembali bilangan pecahan tersebut ke dalam barisan maka langkah yang harus lakukan adalah klik Equation Option yang ada di sebelah bilangan pecahan yang kamu buat sebelumnya, lalu setelah itu kamu dapat langsung klik Change to Inline.

Cara Membuat Per di Ms Word dengan Shortcut

Selain menggunakan menu Equation, kamu juga dapat mencoba membuat bilangan pecahan dengan cara yang lebih simpel dan tentunya lebih praktis dari pada dengan menggunakan cara yang sebelumnya hal tersebut karena kita hanya perlu menekan tombol yang ada di keyboard kamu.

Berikut ini adalah beberapa shortcut yang dapat kamu gunakan untuk membuat bilangan pecahan.

Cara Membuat Per Dengan Alt + =

Cara ini hampir sama dengan cara yang sebelumnya, akan tetapi yang membedakan adalah untuk masuk ke dalam Equation kamu tidak mengekliknya di dalam menu bar akan tetapi kita menggunakan shortcut atau dengan menekan tombol di keyboard.

Berikut ini adalah langkah-langkah menuliskan bilangan pecahan dengan per di Ms Word :

  • Pertama-tama pada saat kamu ingin menggunakan cara yang satu ini, kamu hanya perlu menekan tombol Alt + =, untuk masuk ke dalam Design Equation.
Cara Membuat Per Dengan Shortcut
  • Setelah itu, kamu dapat langsung pilih Fraction > Stacked Fraction untuk mendapatkan fungsi dari bilangan pecahan.
  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan dua kotak dengan garis putus-putus posisinya atas bawah dan dibatasi dengan tanda per, sama seperti apa yang kamu dapatkan jika melakukan cara yang pertama.
  • Setelah itu kamu hanya perlu memasukkan angka ke dalam pecahan tersebut dan hanya perlu merubah ukuran atau jenis font yang kamu inginkan.

Cara Membuat Per Dengan Alt= Kode

Selain menggunakan shortcut Alt + =, kamu juga dapat menggunakan shortcut lain yang tentunya lebih cepat.

Akan tetapi ini hanya dapat digunakan untuk beberapa pecahan yang sering dipakai saja seperti 1/2, 1/4, dan 3/4 dengan menggunakan shortcut Alt + kode. Berikut ini adalah kode untuk membuat bilangan pecahannya :

  • 1/2 = Tahan tombol Alt setelah itu kamu dapat langsung ketik angka 0189.
  • 1/4 = Tahan tombol Alt setelah itu kamu dapat langsung ketik angka 0188.
  • 3/4 = Tahan tombol Alt setelah itu kamu dapat langsung ketik angka 0190.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat bilangan pecahan dengan per bukan dengan garis miring lagi.

Dengan kamu membuat bilangan pecahan menggunakan per otomatis itu akan terlihat lebih profesional.

Selain untuk membuat bilangan pecahan dengan per saja, akan tetapi kamu juga dapat membuat banyak sekali rumus-rumus lain dalam matematika.

Baca Juga: Rumus Excel Lengkap

Seperti akar, log, pangkat, sin cos, tan, dan masih banyak lagi yang lainnya dengan menggunakan fitur Equation yang ada di Ms Word.

Fitur tersebut juga sudah tersedia di Ms Word versi 2007 ke atas hingga yang terbaru tentunya.

Setiap versi Ms Word mungkin hanya memiliki sedikit perbedaan karena adanya peningkatan tampilan di setiap peningkatan versi agar semakin mudah untuk digunakan oleh para penggunanya.

Nah, demikianlah ulasan mengenai cara membuat bilangan pecahan di Ms Word.

Semoga ulasan yang telah saya sampaikan di atas dapat bermanfaat dan meningkatkan skill kamu dalam menggunakan dan memanfaatkan semaksimal mungkin fitur-fitur yang ada di dalam Ms Word. Terima Kasih.

iklan
iklan

Comments are closed.